Tempat Terbaik Susu saat Disimpan di Kulkas

SlPzV0EJ6o 300x169

Tempat Terbaik Susu saat Disimpan di Kulkas


SUSU pasteurisasi atau susu UHT jika telah dibuka, maka tempat teraman meletakkannya adalah kulkas. Susu merupakan makanan yang paling rentan tertular aroma tajam.


Proses penyimpanan susu di kulkas harus memperhatikan jenis makanan lain di sekitarnya. Makanan mentah beraroma tajam, seperti daging dan seafood, sebaiknya diletakkan di bawah susu.


“Kalau kulkas rumahan kan ada freezer, ada ruang lagi di bawahnya untuk daging, nah susu diletakkan di bawahnya saja. Tapi, yang paling aman urutannya, adalah susu, terus bahan makanan yang baunya yang enggak tajam, baru daging atau seafood,” kata Chef Syam, Tim Dapur The Cook Soop, kepada kami di Jakarta, Rabu (10/4/2013).


Selain aroma yang tajam, tetesan daging dan seafood mentah dikhawatirkan akan turun dan masuk lewat celah pada kemasan susu. Jika susu telah dibuka, maka cara teraman yaitu meletakkannya di rak pintu kulkas. Namun ingat, tutup rapat juga kemasan karton susu agar bakteri tidak mudah masuk.


“Sebenarnya, jika di kulkas tidak ada barang yang aromanya kuat, lebih baik di dalam freezer, atau jika tidak ada daging dan seafood yang aromanya kuat, letakkan di rak tadi, karena susu rentan terkontaminasi,” lanjutnya.


Susu segar dengan kemasan belum dibuka bisa bertahan selama sepakan di meja dapur. Sementara, susu UHT bisa bertahan hingga setahun karena telah mengalami proses pasteurisasi.


Jika sudah dibuka, susu segar bisa bertahan selama tiga hari saat disimpan di chiller sedangkan susu UHT bisa hingga tahan sepekan. “Jadi, lebih baik jika telah dibuka, cepat-cepat dihabiskan karena susu rentan bau, bakteri, khawatir jika kita buka dan ada orang lain yang buka, tutupnya enggak rapat,” tutupnya.



Tempat Terbaik Susu saat Disimpan di Kulkas

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More