Trik Cerdas Sembuhkan Anak dari Demam

E57W4Tsf8f 300x187

Trik Cerdas Sembuhkan Anak dari Demam


DEMAM pada anak bila diabaikan bisa berakibat serius. Untuk itu, lakukanlah penanganan yang tepat agar si buah hati lebih cepat pulih.

Hal ini karena penanganan anak lebih sulit dibanding orang dewasa. Anak tidak bisa mengatakan apa yang mereka rasakan ketika sakit dibanding orang dewasa. Padahal, hal itu penting untuk mendapatkan gambaran penanganan awal orangtua. Oleh karenanya, mengetahui langkah-langkah penanganan anak saat demam sangat penting, seperti memberi banyak minum, mengompres, dan memberikan obat. Hal ini penting untuk membantu kesembuhan pada anak.


“Hal pertama yang harus dilakukan ialah membuat anak nyaman dari tempat tidur, entah alas kepala sampai dengan suhu kamarnya. Kemudian, berikanlah banyak air minum bagi seorang terkena demam. Alasannya, orang yang terkena demam pasti mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, mengonsumsi air bisa menjaga cairan tubuh tetap ada. Selanjutnya, biarkan anak istirahat yang cukup agar pemulihan tubuhnya lebih cepat,” jelas Dr. S. Djokomuljanto, MMed (Paeds) SpA, dokter spesialis anak saat diwawancarai dalam acara bertema  Antangin Junior Untuk Atasi Gejala Masuk Angin Pada Anak di Restoran Kembang Goela, Jend. Sudirman, Jakarta, Rabu (24/4/2013).


Dia menambahkan, sebaiknya ketika anak sedang istirahat dilakukan juga mengompres dahinya dengan air hangat, kemudian jangan memakai pakaian yang tebal. Kedua hal itu berguna untuk membuat suhu tinggi dalam tubuhnya menurun. Sehingga apabila suhu tubuh membaik, kemudian ditambah dengan mengonsumsi obat penurun demam tubuh setelah makan, kondisi suhu tubuh akan lebih cepat pulih ke suhu normal.


“Obat untuk penurun demam anak sendiri bisa mengonsumsi paracetamol, ibuprofen, dan salisilat. Ketiga jenis obat penurun panas itu sejauh ini baik menurunkan panas, namun harus dilihat juga dosisnya agar sesuai dengan kebutuhan si anak,” tutup dr. Djoko.



Trik Cerdas Sembuhkan Anak dari Demam

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More