Kuliner | Resep Oseng-Oseng Mercon Yogyakarta!

I72mXRTqQB 300x169

Kuliner | Resep Oseng-Oseng Mercon Yogyakarta!


OSENG-oseng mercon terkenal dengan rasa pedas setara mercon atau dahsatnya granat yang meledak di mulut. Hidangan ini tidak hanya dikenal di daerah asalnya, Yogyakarta.


Oseng-oseng mercon ditunjuk sebagai salah satu legenda kuliner Nusantara karena ketenaran dan kelezatannya. Rasa pedasnya bisa membuat wajah Anda merah padam.


Dinamakan oseng-oseng mercon karena rasa pedasnya yang membuat mulut seakan mau meledak. Bahkan, Chef Deden Gumilar, ikon chef Kecap Bango, tidak dapat menahan rasa terbakar di dalam mulut saat mencicipi oseng-oseng mercon buatannya.


Oseng-oseng mercon dibuat menggunakan daging koyor atau tetelan sapi. Namun, Anda bisa membuatnya dari daging khas dalam ataupun khas luar (rib eye) jika ingin cepat matang.


“Orang Indonesia zaman dulu kreatif, memakai daging yang murah, pakai koyor yang alot dan banyak lemaknya, makanya harus dimasak lebih lama,” kata Executive Chef The Park Lane Jakarta ini.


Jika Anda tidak berdomisili di Yogyakarta, Anda bisa membuatnya sendiri karena Chef Deden membagikan resep legendaris ini pada Festival Jajanan Bango 2013 yang berlangsung beberapa waktu lalu di Jakarta.


Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan, adalah 500 gr tetelan daging sapi yang diiris-iris kecil, 3 lembar daun salam, 3 cm lengkuas yang diiris lalu digeprak, 5 gr gula merah, 4 sdm minyak goreng, 300 ml air matang, garam secukupnya, dan kecap manis secukupnya untuk menambah rasa gurih manis. Siapkan pula bumbu halus, berupa 200 gr cabai rawit merah, 50 gr cabe merah keriting, 5 siung bawang putih, dan 2 cm jahe.


Proses pembuatannya, panaskan minyak di dalam wajan, lalu masukkan lengkuas, daun salam, serta bumbu halus. Tumis hingga agak kelihatan matang.


Selanjutnya, masukkan daging tetelan ke dalamnya sambil terus diaduk-aduk hingga bumbu tercampur rata, masukkan air matang dan masak hingga daging empuk.


Terakhir, tambahkan gula merah, garam, dan kecap manis sambil terus diaduk. Sajikan dengan taburan bawang goreng di atasnya



Kuliner | Resep Oseng-Oseng Mercon Yogyakarta!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More