Kejaiban sungai warna-warni di Kolombia

kejaiban sungai warna warni di kolombia 300x150

Kejaiban sungai warna-warni di Kolombia


Cano Cristales adalah sungai yang terletak di Sierra de la Macarena, Kolombia. Selama beberapa waktu, sungai ini mungkin terlihat biasa saja dan cenderung kusam. Sebab, ada banyak lumut yang menutupi permukaan batuan di dalam sungai.


Namun, dalam periode waktu tertentu, muncul ledakan warna yang sangat luar biasa di Cano Cristales. Selama kurun waktu singkat antara musim hujan dan kemarau, permukaan tinggi permukaan air akan turun sehingga memberi kesempatan sinar matahari untuk menembus permukaan air dan menghangatkan lumut dan ganggang yang berada di bagian bawah sungai.


Dan kehangatan itu memicu terjadinya pertumbuhan eksplosif dari ganggang dan lumut. Sebuah spesies unik dari tanaman yang melapisi lantai sungai, yang disebut Macarenia clavigera, lalu memunculkan warna merah. Hal tersebut dibarengi dengan munculnya warna kuning, hijau, dan biru.



Fenomena ini, sebagaimana dilansir amusingplanet, hanya terjadi dalam periode waktu yang singkat – selama beberapa minggu dari bulan September sampai November.





Kejaiban sungai warna-warni di Kolombia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More