6 Mitos konyol tentang kehamilan

6 mitos konyol tentang kehamilan rev 1 300x150

6 Mitos konyol tentang kehamilan


Ada banyak mitos yang berhubungan dengan kehamilan. Beberapa memang berdasarkan fakta ilmiah. Namun banyak mitos lain yang tidak berdasar sama sekali. Berikut adalah beberapa mitos mengenai kehamilan yang menggelikan, seperti dilansir oleh The Stir (26/04).


1. Cocoa butter bisa menghilangkan stretch mark

Stretch mark adalah hal yang diturunkan, jadi sebanyak apapun cocoa butter yang Anda gunakan, tak akan berpengaruh. Cocoa butter justru bisa membuat stretch mark semakin parah jika Anda memiliki alergi.


2. Tinggi kandungan bisa menentukan jenis kelamin bayi

Ini sama sekali tak masuk akal. Apakah kalau kandungan terlihat tinggi berarti Anda akan memiliki anak laki-laki? Jika rendah berarti Anda memiliki anak perempuan? Ini sama saja dengan mitos yang mengatakan bahwa bentuk kandungan bisa menentukan jenis kelamin bayi. Tak ada bukti ilmiah yang mendukung mitos ini.


3. Morning sick parah berarti Anda memiliki bayi perempuan

Ini mitos yang sering dipercaya banyak orang. Namun kenyataannya tak ada bukti ilmiah yang bisa mendukungnya. Beberapa orang memiliki kecenderungan mengalami morning sick parah, meski dia tak memiliki anak perempuan.


4. Sering mulas selama hamil berarti bayi memiliki banyak rambut

Siapa yang mulai mengatakan mitos ini? Rasa mulas saat hamil sama sekali tak berkaitan dengan rambut yang dimiliki bayi. Mitos ini sama sekali tak punya bukti ilmiah.


5. Bulan purnama atau badai bisa mempercepat kelahiran

Uterus wanita tidak begitu sensitif dengan tekanan barometer ataupun kadar magnet yang diakibatkan oleh gravitasi bulan. Jadi bulan purnama dan badai sama sekali tak berhubungan dengan cepatnya seseorang melahirkan.


6. Melihat gerhana bulan akan membuat bayi sumbing

Mitos ini menyebutkan bahwa ibu hamil yang melihat gerhana bulan berkemungkinan memiliki bayi yang berbibir sumbing. Namun efek gerhana bulan bisa ditangkal dengan bahan-bahan metal yang diletakkan di celana dalam. Konyol bukan? Ini benar-benar mitos yang tak berdasar dan tak terbukti secara ilmiah.


Jika Anda mendengar mitos-mitos konyol seputar kehamilan di atas, jangan percayai. Ada baiknya berkonsultasi ke dokter mengenai kesehatan bayi, daripada memercayai mitos tersebut.


 



6 Mitos konyol tentang kehamilan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More