Jabatan Menkeu bukan untuk disambi

jabatan menkeu bukan untuk disambi 300x150

Jabatan Menkeu bukan untuk disambi


Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa sudah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Keuangan menggantikan Agus Martowardojo yang dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai pekerjaan sebagai menteri keuangan bukanlah hal yang mudah lantaran sebagai penentu kebijakan fiskal.


Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi, mengatakan pekerjaan utama Hatta sebagai koordinator menteri bidang perekonomian juga tidak kalah sibuknya. Dua pos ini tidak bisa dilakukan satu orang dalam satu waktu.


“Jangan disambi-sambi. Jadi saya pikir, kalau nggak berhasil (terjadi kekeliruan) nanti repot lagi,” ujarnya saat dihubungi  di Jakarta, Sabtu (20/4).


Sofjan menegaskan bahwa sebaiknya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus segera menunjuk Menkeu definitif. Menkeu menurutnya haruslah seseorang yang mengerti tentang moneter.


Hatta dinilai belum menguasai permasalahan moneter ekonomi. Maka dari itu untuk menduduki posisi strategis dan vital seperti menteri keuangan maka tidak tepat.


“Kalau untuk sementara, dua minggu sampai dua bulan nggak ada soal. Tapi kalau untuk lama dalam artian untuk diangkat, nggak baik. Kemampuan sudah baik sebagai Menko dan sudah tahu kerjaan di sana tapi kalau mengerti moneter (Hatta Rajasa) nggak tepat,” jelasnya.


Sebelumnya, Presiden SBY resmi memberhentikan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan. Di saat bersamaan, SBY juga mengangkat Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjadi Pelaksana Tugas Menteri Keuangan.


Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menuturkan, diangkatnya Hatta sebagai Plt Menkeu dengan pertimbangan ada beberapa tugas Kementerian yang harus diselesaikan.


“Tentu kan mengingat bahwa tugas menteri keuangan dalam berdasarkan tugas dan kewajibannya perlu dilaksanakan dengan baik, meski ada posisi wakil menteri, presiden memandang perlu menunjuk seseorang sebagai Plt Menkeu,” kata Julian.


Julian juga belum bisa memastikan sampai kapan Hatta rangkap jabatan sebagai Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan.


“Belum bisa pastikan sampai kapan, yang jelas diupayakan agar pelaksanaan tugas sebagai mana Menko Kesra dulu saat Pak Agung Laksono menggantikan Pak Andi saat meninggalkan posisi Menpora,” katanya.



Jabatan Menkeu bukan untuk disambi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More