Surfer Dunia Penasaran Taklukkan Ombak Mentawai

Surfer Dunia Penasaran Taklukkan Ombak Mentawai 300x169

Surfer-Dunia-Penasaran-Taklukkan-Ombak-Mentawai


JAKARTA - Kepulauan Mentawai memiliki sekira 71 titik selancar dengan beragam ombak yang menantang. Tak heran jika para peselancar dunia sengaja datang hanya untuk menaklukkan ombak ini.


Kepulauan Mentawai dikenal sebagai salah satu daerah rawan gempa. Namun ternyata, daerah ini menyimpan potensi sebagai destinasi selancar terbaik dunia berkat ombaknya.


Ada sekira 71 titik selancar yang tersebar di empat pulau di Kepulauan mentawai. Tak heran, wisatawan yang datang ke Kepulauan Mentawai didominasi penghobi selancar dan selam.


Surfing memang menjadi tujuan utama wisatawan ke Mentawai. Sebanyak 84 persen wisatawan memang para surfer. Sementara, 11 persen lainnya merupakan wisatawan petualang dan wisatawan budaya, dan lima persen lainnya wisatawan yang datang untuk keperluan riset,” kata Desti Seminora, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai, di Jakarta, Kamis (11/4/2013).


Semakin banyak peselancar datang untuk menaklukkan ombak dengan karakteristik yang beragam. Bayangkan saja, ombaknya bisa berbentuk seperti teropong, ular, hingga yang panjangnya mencapai 100 meter. Potensi inilah yang kemudian dijadikan daya tarik untuk terus menarik wisatawan.


“Wisatawan yang datang ke Mentawai memang meningkat dari tahun ke tahun. Misalnya saja, pada tahun 2011 jumlah kunjungan mencapai 4.010 orang, dan pada tahun 2012 mencapai 4.790 wisatawan,” tambah Desti.


Sayangnya, dari sekian ribu wisatawan yang datang ke Kepulauan mentawai, mayoritas adalah wisatawan mancanegara. Menurut data yang dimiliki Desti, selama 2012, dari 4.790 wisatawan yang datang sebanyak 4.560 wisatawan di antaranya berasal dari mancanegara, dan 230 wisatawan lainnya adalah domestik. Kebanyakan wisatawan asal Australia, lantaran akses menuju Kepulauan Mentawai mudah dicapai menggunakan kapal laut.



Surfer Dunia Penasaran Taklukkan Ombak Mentawai

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More