Agar Kacang Tanah Tidak Lekas Apak

8NHVMvCaHP KACANG tanah termasuk bahan makanan yang digunakan pada banyak menu Nusantara. Perlu trik menjaga kacang tidak bau apek.


Kacang tanah digunakan pada beraneka menu, seperti gado-gado, ketoprak, maupun sebatas camilan berupa kacang goreng. Untuk mendapatkan rasa yang khas dari kacang tanah, ketahui cara menyimpannya dengan benar. Berikut bocorannya untuk Anda:


1. Proses penuaang kacang berkulit lebih lambat. Karena itu, belilah kacang yang masih berkulit dalam porsi kecil. Tingkat kerenyahan kacang berbeda-beda, kecuali jika dikemas ke dalam plastik kedap udara.


2. Biasakan melihat label kedaluwarsa pada kemasannya sebagai pedoman. Lebih baik belilah kacang dari petani atau pemasoknya.


3. Jangan membeli kacang yang tersedia di lemari-lemari atau wadah-wadah yang tidak tertutup karena udara akan mempercepat layunya kacang. Jika Anda membeli kacang dengan cangkangnya, perhatikan keutuhan cangkang. Jika cangkang sudah retak atau pecah, sudah pasti kacang layu lebih cepat.


4. Belilah kacang dengan cangkang yang masih halus dan utuh. Jika Anda membeli kacang yang sudah dikupas, belilah dalam porsi kecil dan simpan dalam wadah kedap udara serta di tempat sejuk dan kering.


5. Jaga kelembapan udara. Udara yang lembap akan mempercepat pembusukan dan menimbulkan jamur. Belilah pada saat Anda membutuhkannya.



Agar Kacang Tanah Tidak Lekas Apak

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More