Ketika kemarahan rakyat Turki mampu kuasai Twitter

ketika kemarahan rakyat turki mampu kuasai twitter

Apa yang terjadi di Turki saat ini rupanya mendapat perhatian serius di dunia maya. Hal ini setidaknya terlihat dari sebuah jejaring sosial jutaan pengguna, Twitter.


Menurut pantauan kami (3/6), hal ini terlihat dalam daftar trending topic seluruh dunia di Twitter saat ini. Tercatat, ada tujuh dari sepuluh topic paling hangat di dunia ini.


Adapun daftar trending topic itu adalah #1MILLETUYANIYOR, #ÜlkenIçinSagduyuluOl, #direngeziparki, #genelgrevedavet, #SBSERTELENSIN, Cumhurbaskani Gül, dan Basbakan Erdogan. Kesemuanya memang ditulis dalam bahasa Turki.


Hal ini sangat mencengangkan mengingat sangat jarang sebuah topik dengan bahasa non internasional mampu masuk dalam daftar trending topic dunia. Apalagi, tak hanya satu, tujuh puluh persen topik-topik tersebut mampu berada dalam posisi puncak di dunia.


Seperti diketahui, Turki kini memang sedang bergolak. Penyebabnya adalah rencana pemerintah mengubah sebuah taman di pusat kota menjadi mal.


Sabtu (1/6) malam waktu setempat atau Minggu dinihari WIB, sebanyak 5.000 demonstran menyerang kantor Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan di Istanbul dengan menggunakan batu. Tujuh anggota polisi dilaporkan luka-luka.


Protes tersebut berawal pada 26 Mei lalu, ketika demonstran berupaya menghalangi buldoser yang akan menghancurkan Taman Gezi, berada di pusat kota Lapangan Taksim. Makin lama, protes melebar hingga beberapa kota besar di Turki.



Ketika kemarahan rakyat Turki mampu kuasai Twitter

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More