Orang tua terlalu keras bikin anak sengsara

orang tua terlalu keras bikin anak sengsara

Orang tua terlalu keras bikin anak sengsara


KabarDunia.com – Gaya mendidik anak yang otoriter dan terlalu keras ternyata lebih banyak merugikan anak daripada membuat mereka disiplin, ungkap sebuah penelitian. Peneliti menemukan bahwa cara mendidik anak yang keras bisa membuat anak lebih agresif, kesulitan dalam berhubungan sosial, serta mudah depresi.


Hasil ini didapatkan peneliti dari University of California, Berkeley setelah mengamati lebih dari 250 keluarga China-Amerika di San Fransisco. Mereka melakukan wawancara, aktivitas interaksi anak dan orang tua, serta mengawasi nilai akademik anak selama dua tahun.


Cara membesarkan anak dengan keras atau disebut sebagai ‘Tiger Mother’ ini ditengarai dengan kebiasaan mengritik anak secara verbal dan membuat mereka melakukan sesuatu tanpa penjelasan yang jelas. Ketua peneliti Qing Zhou menjelaskan bahwa anak yang memiliki tipe orang seperti itu cenderung memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih rendah daripada anak lainnya.


Anak yang terlalu tertekan akhirnya merasa takut untuk mengeksplorasi sisi kreatif mereka dan melakukan sesuatu yang bertentangan. Ketika dewasa mereka juga berkemungkinan kurang kemampuan bersosialisasi, seperti dilansir oleh Daily Mail (21/06).


Meski begitu, model Tiger Parenting ini juga memiliki beberapa manfaat, seperti mengajarkan pada anak kerja keras serta kepercayaan bahwa tak ada hal yang tak bisa mereka capai. Cara pendidikan ini menjadi salah ketika apapun yang dilakukan dan diusahakan oleh anak tampak tak pernah cukup bagi orang tua mereka.



Orang tua terlalu keras bikin anak sengsara

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More