Makan makanan gorengan ternyata menyehatkan?

makan makanan gorengan ternyata menyehatkan

Makan makanan gorengan ternyata menyehatkan?


KabarDunia.com – Sehat | Banyak orang mengira makanan gorengan memberi dampak buruk bagi kesehatan. Namun penelitian terbaru menyatakan kalau makan makanan gorengan ternyata bisa bersifat menyehatkan. Bagaimana bisa?


Rupanya makanan gorengan bisa jadi konsumsi yang menyehatkan jika minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah jenis minyak sayur.


Menurut peneliti dari University of Missouri, asupan harian minyak sayur sebanyak empat sendok makan sangat dianjurkan untuk melindungi jantung.


Minyak sayur sendiri terbuat dari tanaman, seperti bunga matahari, jagung, kedelai, dan tumbuhan lainnya. Minyak ini dianggap jauh lebih menyehatkan daripada minyak yang dibuat dari lemak binatang sekaligus lebih murah daripada minyak zaitun.


Peneliti juga menyampaikan kalau minyak sayur mengandung asam lemak omega-6 yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.


“Bukan berarti makan makanan yang digoreng setiap hari itu menyehatkan, tetapi pilihan menggunakan minyak sayur untuk menggoreng lebih dianjurkan daripada minyak yang terbuat dari lemak binatang,” papar kepala peneliti Dr Kevin Fritsche, seperti yang dikutip dari Daily Mail.


Sebelumnya, memang banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan gorengan mampu memicu inflamasi, menurunkan sistem imun, dan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.


Akan tetapi peneliti menegaskan kalau inflamasi tersebut kebanyakan disebabkan oleh minyak goreng yang digunakan terbuat dari lemak binatang. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan agar minyak yang digunakan untuk menggoreng sebaiknya adalah minyak sayur.


Hasil penelitian tersebut pun kemudian dilaporkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics.



Makan makanan gorengan ternyata menyehatkan?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More