Menkeu sebut kenaikan harga BBM sebagai kemenangan ekonomi

menkeu sebut kenaikan harga bbm sebagai kemenangan ekonomi

Menkeu sebut kenaikan harga BBM sebagai kemenangan ekonomi


Menteri Keuangan Chatib Basri menuturkan, disepakatinya postur APBN Perubahan 2013 dalam sidang paripurna semalam merupakan kemenangan bagi kondisi ekonomi makro. Bahkan, kata dia, ada tiga kemenangan ekonomi indonesia yang diraih.


“Yang saya mau bilang dengan pemerintah address isu BBM dan menyelesaikan APBN Perubahan 2013 ini adalah hal yang baik bagi makro kita, bahkan saya akan katakan ini merupakan triple winning bagi kondisi makro kita,” ujar dia dalam Konferensi Pers di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (18/6).


Dia menjelaskan kemenangan pertama adalah memperlebar ruang fiskal untuk alokasi anggaran yang berasal dari subsidi BBM. “Dengan menaikkan BBM akan ada fiskal space untuk alokasi anggaran,” tegasnya.


Selain itu, alokasi anggaran subsidi dapat diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sehingga subsidi BBM lebih tepat sasaran.


“Alokasinya diubah jadi pro masyarakat yang miskin. Redistribusi anggaran kepada masyarakat miskin, koefisien Gini lebih baik. Di parlemen fraksi- fraksi bilang 70 persen penikmat BBM bersubsidi adalah 20 persen masyarakat dengan pendapatan teratas,” jelas dia.


Dengan penyesuaian postur APBN Perubahan 2013, memaksa pemerintah mengembangkan bahan bakar alternatif selain fosil dan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak yang setiap tahun selalu mengalami over kuota.


“Dengan kenaikan BBM konsumsi fossil fuel akan berkurang,” ucapnya.



Menkeu sebut kenaikan harga BBM sebagai kemenangan ekonomi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More