Menguji nyali dengan Shark Diving di Australia

menguji nyali dengan shark diving di australia

Menguji nyali dengan Shark Diving di Australia


KabarDunia.com – Agoda.com, situs pemesanan hotel terkemuka di Asia dan merupakan bagian dari Grup Priceline yang terdaftar di Nasdaq (Nasal: PCLN), mempersembahkan penawaran istimewa untuk hotel-hotel besar di Australia Selatan yang cocok bagi penyelam dan menyukai sedikit petualangan.


Beberapa kota di Australia Selatan seperti Adelaide dan Port Lincoln terkenal dengan populasi hidu putih besar yang berenang ke dekat pantai. Untuk itulah ada banyak perusahaan menawarkan kepada para penyelam maupun wisatawan untuk berkesempatan melihat binatang besar ini dari dekat melalui paket wisata menyelam menggunakan sangkar.


Hiu putih (Carcharodon carcharias) adalah salah satu predator alam yang paling ditakuti dan telah digunakan sebagai tokoh dalam film, buku, maupun dokumentasi selama berpuluh-puluh tahun. Mengingat ukuran hiu putih yang sangat besar (sekitar 5 meter dengan berat badan 800 kilogram) serta keganasannya dalam memangsa semua makhluk hidup di hadapannya, tentu dibutuhkan keberanian besar untuk mencoba petualangan menyelam bersama mereka.


Namun tak perlu khawatir karena saat ini keselamatan penyelaman telah lebih maju, membuat berbagai kalangan luas dapat memiliki pengalaman menyelam dengan sangkar terbaik di Adelaide dan Port Lincoln. Para wisatawan dan penyelam memiliki beberapa pilihan antara lain dengan menonton dari kapal atau masuk ke dalam air.


Bagi para penyelam yang ingin melihat hiu dari jarak dekat, mereka akan masuk ke sebuah sangkar besi yang kuat dan memberikan perlindungan dari hiu-hiu ganas. Hiu tersebut akan datang untuk melihat, kemudian akan pergi. Wisata ini akan memberikan kesempatan besar untuk mengambil foto dari jarak dekat dan merekam video hiu putih yang elegan dalam air yang biru. Sungguh sebuah momen yang tiada duanya!


Lantas, apakah praktik semacam ini aman? Konon praktik semacam ini dikhawatirkan membuat hiu menjadi terbiasa dan menganggap manusia sebagai makanan mereka. Namun hal ini dibantah oleh Michael Scholl, seorang ahli biologi laut dan pendiri The Trust for Research and Conservation. Scholl menjelaskan bahwa hiu putih selalu berpindah-pindah dan tak akan membangun hubungan predator dan umpan dengan manusia tanpa pertemuan berulang kali. Scholl juga mencatat bahwa bagi hiu, keberadaan manusia, kapal, dan sangkar memiliki arti yang besar, jauh lebih besar dari sekedar makanan. Mereka mendekat karena merasa ingin tahu, bukannya terpancing oleh makanan.


Tak hanya itu, dengan adanya wisata semacam ini juga memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menumbuhkan kepedulian terhadap makhluk hidup dan biota bawah laut, serta menyediakan kesempatan penelitian yang berharga. Saat ini populasi singa laut, anjing laut, dan hiu putih terus meningkat di Australia. Periode ini adalah saat yang tepat untuk menyelam dalam sangkar, dan operator wisata menawarkan beberapa paket yang berbeda untuk dinikmati – apakah Anda hanya ingin menyelam atau hanya ingin menonton.


Anda bisa memilih hotel yang sesuai dengan keinginan Anda. Beberapa hotel di Adelaide seperti Arkaba Hotel, BreakFree Hotel, serta Stamford Grand Adelaide memberikan diskon hingga 35 persen. Sementara hotel lainnya menawarkan paket hemat mulai USD 153 (atau sekitar Rp 1,5 juta). Beberapa penawaran berakhir pada September 2013, sementara yang lain bertahan hingga Januari 2014. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengakses Agoda.com.


Jadi, tunggu apa lagi? Segera tentukan hotel mana yang sesuai dengan minat Anda dan nikmati pengalaman berharga berenang bersama hiu putih di Australia!



Menguji nyali dengan Shark Diving di Australia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More