Minyak ikan lindungi jantung dari dampak stres

minyak ikan lindungi jantung dari dampak stres

Minyak ikan lindungi jantung dari dampak stres


KabarDunia.com – Sebuah penelitian skala kecil menyebutkan bahwa minyak ikan mampu melindungi jantung dari dampak stres mental seseorang.


Penelitian tersebut tepatnya dilakukan para ahli dari Michigan Technological University, New York Medical College, dan Mayo Clinic. Mereka menyampaikan bahwa suplemen minyak ikan ampuh menyeimbangkan detak jantung dan aktivitas sistem saraf di sekitar organ.


“Stres bisa menyerang siapa saja dan berdampak buruk bagi jantung. Akan tetapi dampak tersebut bisa dikurangi efeknya terhadap jantung dengan minyak ikan,” terang peneliti Jason Carter, seperti yang dikutip dari Huffington Post.


Sebanyak 67 responden dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka semua tidak memiliki tekanan darah tinggi dan diminta mengonsumsi sembilan gram suplemen minyak ikan selama delapan minggu.


Sebelum dan sesudah penelitian, aritmia responden diperiksa. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa responden yang mengonsumsi minyak ikan terbukti memiliki kondisi detak jantung dan fungsi sistem saraf yang lebih stabil.


Sebelumnya memang ada penelitian yang mendukung riset ini. Disebutkan dalam Journal of Leukocyte Biology bahwa asam lemak omega-3 (biasanya terkandung dalam minyak ikan) memang mampu memperkuat sistem imun. Sehingga tubuh pun tak mudah terserang penyakit.


Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam American Journal of Physiology: Regulatory, Integrative, and Comparative Physiology.



Minyak ikan lindungi jantung dari dampak stres

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More