Taliban buka kantor perwakilan di Qatar

taliban buka kantor perwakilan di qatar

Taliban buka kantor perwakilan di Qatar


KabarDunia.com – Kelompok Taliban resmi membuka kantor perwakilan di Ibu Kota Doha, Qatar. Kantor ini sebagai sarana membuka dialog dengan komunitas internasional.


Kantor berita AFP melaporkan, Selasa (18/6), juru bicara kelompok ekstremis di Qatar Muhammad Naim mengatakan pihaknya membuka perwakilan mengundang pelbagai kelompok demi solusi damai Afghanistan. “Kami juga tidak ingin ada ancaman pada negara lain menggunakan negeri Afghanistan,” ujar Naim.


Taliban menegaskan pihaknya terbuka dan mendukung solusi politik dan damai mengakhiri masalah penduduk di Afghanistan dengan jaminan sistem hukum Islam serta keamanan.


Perwakilan ini memudahkan Taliban berhubungan dengan sejagat, menjalin kontak dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi lain, termasuk media.


Kantor perwakilan Taliban ini disambut baik Amerika Serikat. Seorang pejabat senior Negara Adidaya itu mengatakan dalam waktu dekat pihaknya bakal menggelar pertemuan perdana dengan kelompok Taliban. Namun sumber dari Afghanistan mengatakan pembukaan tempat itu sebab desakan Ibu Kota Washington D.C.


Wakil Menteri Luar Negeri Qatar Ali bin Fahd al-Hajri mendukung langkah ini. “Kantor itu akan mendorong terciptanya perdamaian dan jauh dari kegiatan militer serta kekerasan di dalam atau di luar Afghanistan,” ujar Hajri.



Taliban buka kantor perwakilan di Qatar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More