Hilangkan cemas dengan makan ikan

hilangkan cemas dengan makan ikan


Hilangkan cemas dengan makan ikan


KabarDunia.com – Sudah banyak penelitian yang menyebutkan khasiat dari asam lemak omega-3, termasuk melindungi jantung dan menjaga kesehatan otak. Kini peneliti dari Jepang pun menemukan manfaat lain dari senyawa tersebut, yaitu menghilangkan rasa cemas yang berlebihan.


Asam lemak omega-3, khususnya DHA, biasa ditemukan dalam ikan salmon dan sarden. Peneliti dariNational Center of Neurology and Psychiatry (NCNP) di Tokyo lantas menggunakan tikus laboratorium untuk menganalisis efek dari asam lemak omega-3 tersebut.


Selain omega-3, penelitian yang dikepalai oleh Dr Masayuki Sekiguchi itu juga melakukan eksperimen dengan omega-6.


Awalnya, ada dua kelompok tikus percobaan yang diberi asam lemak omega-3 dan omega-6 dengan skala satu dibanding tujuh porsi. Sementara kelompok tikus kedua diberi perlakuan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam jumlah yang sama.


Kedua kelompok tikus kemudian diberi serangan kejut dan kondisi tikus diawasi oleh peneliti sampai kembali ke perilaku semula.


Hasilnya, kelompok tikus pertama butuh waktu 80 detik untuk menguasai rasa takut dan cemasnya. Sementara kelompok kedua hanya butuh waktu 42 detik saja, demikian menurut RocketNews24.


“Artinya, kita bisa menguasai dan menghilangkan cemas dengan cepat jika kita mengonsumsi banyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3,” papar Dr Sekiguchi.


Penelitian tersebut pun dianggap sebagai kabar baik bagi para ahli. Sebab ini adalah langkah awal untuk mengembangkan pencegahan dan pengobatan terhadap penderita gangguan cemas berlebihan.



Hilangkan cemas dengan makan ikan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More