Karyawan berpenampilan kurang menarik sering dibully?

karyawan berpenampilan kurang menarik sering dibully

Karyawan berpenampilan kurang menarik sering dibully?


KabarDunia.com – Di tempat kerja, ternyata karyawan yang memiliki penampilan kurang menarik cenderung menjadi korban bullying oleh teman-temannya, demikian menurut penelitian terbaru.


Penelitian dari Michigan State University itu juga menemukan bahwa karyawan dengan penampilan kurang menarik kerap dibully untuk urusan pekerjaan dan tawaran kenaikan pangkat.


Bullying berdasarkan penampilan bahkan lebih parah terjadi dibandingkan dengan perbedaan usia, jenis kelamin, atau lamanya karyawan bekerja di perusahaan.


Sebelumnya, penelitian lain pernah membahas tentang bullying di sekolah yang cenderung dilakukan oleh siswa berpenampilan lebih menarik. Namun ini adalah penelitian pertama yang mengaitkan bullying dan penampilan yang terjadi di dunia kerja.


“Ini adalah penemuan yang mengerikan. Dunia kerja seharusnya berisi orang-orang yang berpikiran dewasa dan profesional, nyatanya tidak,” papar peneliti, seperti yang dikutip dari Daily Mail.


Sekitar 114 karyawan di sebuah fasilitas kesehatan di Amerika terlibat dalam penelitian ini. Dari penelitian tersebut, terbukti bahwa karyawan yang penampilannya kurang menarik sering dicemooh dan dibuat bahan lelucon.


Adanya penemuan ini pun sebaiknya dijadikan evaluasi bagi para atasan dan manajer di setiap perusahaan untuk mencari cara efektif dalam mencegah bullying antar karyawan.


Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam jurnal Human Performance.



Karyawan berpenampilan kurang menarik sering dibully?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More