Kurang Tidur, Siap-Siap Imun Tubuh Menurun

8tvJAp7qEY 300x180 BERAPA jam waktu tidur malam Anda setiap hari? Percaya atau tidak, kurang tidur di malam hari dapat memicu berbagai gangguan fisik dan mental Anda keesokan harinya. Penting bagi Anda untuk tetap mendapatkan istirahat 7 hingga 8 jam setiap malam.


Tidur sangat penting bagi tubuh Anda untuk meremajakan diri dengan energi yang segar. Seorang dewasa rata-rata membutuhkan setidaknya 7-8 jam tidur setiap hari. Ketika Anda kurang tidur, kinerja Anda sepanjang hari sangat terganggu. Berikut ini adalah beberapa efek yang disebabkan kurang tidur, seperti yang dilansir Magforwoman.


Kurang kewaspadaan


Bila Anda kurang tidur, kemampuan Anda untuk berkonsentrasi akan menurun. Kinerja kognitif Anda akan terganggu jika Anda tidak memiliki cukup tidur. Selama tidur, otak meregenerasi kapasitasnya untuk terus bekerja dan ketika Anda tidak mendapatkan cukup istirahat, otak kehilangan kemampuannya untuk memertahankan memori, belajar, berkonsentrasi dan menjadi kreatif. Ketika Anda kurang tidur, Anda tidak bisa memerhatikan apa pun.


Mengurangi energi


Meskipun otot-otot tubuh dapat meremajakan diri bahkan dalam keadaan rileks, otak memerlukan tidur untuk membangun kembali neuron penting untuk terus berfungsi secara normal. Tanpa tidur yang cukup, tubuh tidak mendapatkan energi yang diperlukan untuk bekerja. Perasaan lesu akan Anda rasakan sepanjang waktu.


Melemahkan kekebalan tubuh


Kurang tidur dapat menyebabkan Anda jatuh sakit. Ketika Anda kurang tidur, sistem kekebalan tubuh berkurang dan gagal untuk melindungi Anda bahkan dari virus biasa. Tidur yang cukup penting untuk memperkuat sistem kekebalan



Kurang Tidur, Siap-Siap Imun Tubuh Menurun

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More