Gampang lupa? Mari tajamkan memori otak!

gampang lupa mari tajamkan memori otak 300x150 Apapun pekerjaan Anda, seorang wanita karir atau mungkin ibu rumah tangga. Menjaga agar otak Anda tetap aktif adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda tidak dapat mengingat daftar belanjaan saat berbelanja atau nomor kolega Anda, maka sudah saatnya bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan memori Anda. Cobalah trik sederhana dan mudah ini untuk meningkatkan memori Anda, seperti dilansir Boldsky.


• Perhatikan


Anda mungkin seringkali melupakan janji, alamat, PIN, dan password penting yang seharusnya Anda ingat. Maka, Anda perlu membuat sebuah upaya untuk tetap terkonsentrasi dalam mengingatnya. Jika Anda fokus pada informasi tanpa adanya gangguan lain, Anda lebih mungkin untuk mengingatnya.


• Memvisualisasikan data


Anda lupa apa tujuan Anda berjalan ke suatu ruangan atau mengapa Anda membuka lemari dapur? Masalahnya di sini adalah Anda seharusnya mendaftarkan apapun yang hendak Anda lakukan di otak Anda. Dengan memvisualisasikan apa yang ingin Anda lakukan, bahkan sebelum Anda memasuki ruangan tersebut, memori Anda tentu akan menjadi lebih tajam.


• Gunakan memori Anda, bukan kartu memori di gadget Anda


Anda harus bisa melatih kemampuan memori otak Anda untuk terus mengingat dan mendaftar apapun yang penting untuk diingat. Jangan hanya bergantung pada memori gadget Anda dan akhirnya membuat otak Anda malas untuk berpikir.


• Siapkan pena dan kertas


Dengan menaruh sebuah buku catatan di dapur, ruang tamu atau kamar tidur, itu akan membantu Anda untuk membuat daftar hal-hal yang perlu Anda ingat.


• Memecah informasi


Dengan memecah informasi menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, itu membuatnya lebih mudah untuk diingat. Nomor telepon, kode pos, nomor rekening atau daftar belanjaan dapat dibuat sederhana dengan membaginya menjadi pecahan kecil. Ini juga akan membantu Anda untuk mengingat hal-hal penting tersebut dengan mudah.


• Memindahkan sesuatu di sekitar Anda


Memindahkan furnitur Anda, menempatkan sesuatu di lantai atau menjaga catatan tentang apa-apa yang harus diingat di dekat jam alarm atau gantungan kunci dapat membantu Anda untuk berpikir tentang hal itu pada waktu berikutnya ketika Anda melihat catatan itu. Intinya adalah untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya sehingga Anda dipaksa untuk berpikir tentang mengapa hal tersebut tidak berada di tempat biasa.


• Ulangi dengan suara keras


Mengulangi informasi yang Anda anggap penting untuk diingat adalah cara yang paling efektif. Ulangi dengan suara keras dan lantang untuk melatih memori otak Anda.


• Menyanyikannya


Jika Anda memiliki daftar belanjaan yang perlu diingat, cobalah untuk membuat sebuah lagu dari susunan huruf pertama daftar Anda. Kemudian nyanyikan itu menjadi sebuah lagu dengan meminjam nada lagu favorit Anda.


• Konsistensi


Jika Anda memiliki masalah krusial seperti sering lupa meletakkan kunci, dompet, atau surat tagihan, maka cara terbaik untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menaruhnya di tempat yang sama yang akan selalu Anda ingat. Hal ini mungkin terdengar agak sulit, namun ini cara paling sederhana untuk membuat semuanya jadi mudah diingat.


• Buat tempat memori


Anda dapat mempertimbangkan tempat tertentu di rumah Anda untukl dijadikan tempat memori Anda. Tempat ini haruslah tempat yang selalu menarik perhatian Anda setiap hari.


Inilah cara melatih memori otak agar terhindar dari pikun dan masalah cepat lupa. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena secara langsung bisa mempengaruhi kinerja dan produktivitas Anda.



Gampang lupa? Mari tajamkan memori otak!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More