Coba Bikin Muntahai, Minuman Penambah Stamina

wgZ6PzfiO3 300x225 MINUMAN segar tidak selalu terasa manis, salah satunya muntahai (dibaca:muntahe). Minuman berkhasiat kesehatan ini bahkan bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi kala terik.


Muntahai, minuman asal China ini, bisa menjadi pilihan minuman jika Anda bosan dengan rasa minuman manis sebagai penghilang haus. Bila penasaran rasanya, Anda bisa menyuguhkan muntahai di rumah. Prosesnya cukup mudah, bahan yang dibutuhkan pun hanya buah muntahai, mirip buah pala dan memiliki aroma khas.


Dijelaskan Sri, penjaja muntahai di kawasan Kota, Jakarta Barat, mengeluarkan daging muntahai harus dengan cara direndam dahulu dengan air panas. “Kalau dikasih air dingin lalu ditaruh dalam air panas, maka muntahai akan susah terkelupas dari kulitnya. Semakin dingin, muntahai akan susah dibuka,” katanya saat ditemui, Selasa (19/3/2013).


Proses perendaman muntahai dilakukan selama satu jam. Perhatikan proses perendamannya, sebab bila kondisi air mulai dingin, maka muntahai akan menjadi keras.


“Dengan direndam di dalam air panas, kulit muntahai akan mudah terkelupas, kita ambil daging buahnya di dalam,” imbuhnya.


Jika buah muntahai mulai terkelupas, Anda akan mudah mengambil dagingnya. Kemudian bila sudah terkelupas, saring untuk memisahkan kotorannya. Proses penyaringan harus dilakukan berulang kali agar tidak terasa kesat saat Anda menelan minuman yang berkhasiat menambah stamina dan menyembuhkan panas dalam ini.


“Jika sudah disaring, barulah masukkan muntahai ke dalam gelas yang sudah diberi pemanis dari gula pasir. Bila ingin dingin, tambahkan es batu lalu terakhir isilah gelas dengan air matang,” tutupnya



Coba Bikin Muntahai, Minuman Penambah Stamina

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More