Meru Betiri Indah, Sayangnya Sulit Dijamah

8owhpWyjyB 300x167 KEMBALI ke alam, berarti kembali ke Meru Betiri. Inilah salah satu taman nasional yang indah di Pulau Jawa, namun belum terjamah.


Pernah mendengan nama Meru Betiri? Taman nasional yang indah di Pulau Jawa ini memang kurang populer jika dibandingkan taman nasional lainnya.


Secara administratif, Taman Nasional Meru Betiri masuk ke wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Di sinilah wisatawan dapat menemukan berbagai tanaman langka, seperti bunga raflesia, bakau, api-api, waru, nyamplung, rengas, dan beberapa jenis tumbuhan obat-obatan. Tak hanya tumbuhan, Anda dapat bertemu berbagai satwa liar yang eksotis, misal kumbang hitam, kera ekor panjang, ajag, penyu belimbing, dan lekang.


Sayang, letak taman yang berada di daerah terpencil membuat wisatawan kesulitan merambahnya. Bahkan, wisatawan harus menggunakan mobil 4WD. Walau begitu, segala jerih payah akan terbayar oleh keindahan yang didapatkan saat Anda tiba di Taman Nasional Meru Betiri.


Di sekeliling taman nasional ini, Anda dapat menemukan beragam tempat wisata lainnya, seperti pantai, padang pasir, hingga teluk. Sebut saja Pantai Sukamade, di sini wisatawan dapat melihat pengembangbiakan penyu yang dilakukan secara sederhana. Jika Anda berniat untuk bermalam, di lokasi inipun tersedia beberapa pondok yang dapat disewa.


Puas dengan keindahan taman nasional dan nuansa pantai yang menenangkan, lanjutkanlah perjalanan Anda ke Sumbersari. Di sini Anda dapat menemukan padang rumput yang luas. Rusa dan kijang dapat ditemukan berlarian, sehingga Anda dapat mempelajari tingkah laku satwa liar tersebut, seperti dikutip dari laman Indonesiatravel, Senin (01/04/2013).


Untuk akses menuju Taman Nasional Meru betiri, Anda dapat menempuhnya dari Jember. Dari arah Jember menuju Bandealit, jalur yang ditempuh sepanjang 64 kilometer. Untuk menempuhnya, dibutuhkan waktu selama 1,5 jam.


Sebaiknya, Anda datang saat musim kemarau, karena jalur menuju tempat ini sangat rentan terhadap banjir saat musim hujan. Selain itu, sebelum berkunjung Anda harus melaporkan diri ke kantor Pengelolaan Taman Nasional setempat.



Meru Betiri Indah, Sayangnya Sulit Dijamah

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More