Tunggu hasil BI rate, rupiah diperkirakan stabil

tunggu hasil bi rate rupiah diperkirakan stabil 300x150 Penantian akan keputusan Bank Indonesia (BI) yang akan menaikkan BI Rate atau tidak, menjadi faktor rupiah diproyeksi berada stabil di level Rp 9.685 hingga Rp 9.715 per USD pada perdagangan hari ini, Kamis (11/4).


“Adapun yang mempengaruhi pergerakan rupiah adalah keputusan BI apakah akan tetap mempertahankan BI rate di level 5,75 persen atau menaikkan BI rate mengingat tingkat inflasi Indonesia hingga bulan Maret 2013 cukup tinggi,” kata analis pasar uang, Rahadyo Anggoro Widagdo,di Jakarta, Kamis (11/4).


Pemerintah, lanjutnya, perlu memperhatikan cadangan devisa yang semakin turun. Data BI menunjukkan, per 28 Maret 2013, cadangan devisa tercatat sebesar USD 104,8 miliar. Angka ini lebih rendah dibandingkan akhir Februari 2013 yang sebesar USD 105,18 miliar.


“Penurunan cadangan devisa ini merupakan konsekuensi dari langkah intervensi rupiah yang dilakukan oleh BI. Hanya saja jika dibanding dengan Januari dan Februari lalu penurunan cadangan devisa semakin kecil,” jelas Rahadyo.


Pergerakan rupiah kemarin ditutup menguat ke level Rp 9.690 hingga Rp 9.710 per USD. Penguatan ini, menurut Rahadyo, didukung oleh adanya intervensi BI untuk tetap menjaga rupiah berada di level ‘aman’ yakni Rp 9.700 per USD.


“Hal ini didasari oleh statement dari Agus Martowardojo yang menyatakan bahwa pemerintah cukup nyaman dengan kurs rupiah yang berada di level Rp 9.700,” tuturnya.


Selain itu penguatan rupiah didukung oleh kondisi regional di mana sentimen positif berasal dari tingkat impor China yang naik melampaui estimasi pada Maret. Data Badan Pusat Statistik China menunjukkan, tingkat impor naik 14,1 persen pada Maret. Sementara, tingkat ekspor mengalami perlambatan pertumbuhan menjadi 10 persen dibanding tahun sebelumnya.



Tunggu hasil BI rate, rupiah diperkirakan stabil

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More