Rajin makan brokoli bisa redakan nyeri sendi

rajin makan brokoli bisa redakan nyeri sendi

Rajin makan brokoli bisa redakan nyeri sendi


KabarDunia.com – Tips Sehat | Sebuah penelitian dari University of East Anglia di Inggris menyebutkan bahwa konsumsi brokoli dalam jumlah tinggi mampu meredakan hingga mencegah radang sendi.


Di dalam penelitian yang melibatkan tikus percobaan laboratorium tersebut, peneliti menemukan kalau komponen dalam brokoli – yang juga bisa ditemukan dalam Kubis Brussels dan kubis – mampu memblokir enzim yang menghancurkan tulang rawan.


Seperti yang dilansir dari BBC, setelah melakukan uji coba pada tikus, peneliti juga berniat mempraktikkannya pada manusia.


“Kami meminta 20 pasien radang sendi untuk mengonsumsi brokoli setiap hari selama dua minggu,” papar peneliti Dr Rose Davidson.


Meskipun konsumsi brokoli tersebut tak mampu menyembuhkan radang sendi secara total, namun Dr Davidson optimis kalau kondisi radang sendi setidaknya bisa menjadi lebih reda.


Sampai saat ini, berbagai penelitian sebenarnya sudah dilakukan untuk membuktikan bahwa radang sendi bisa menurunkan risiko radang sendi. Namun sayang kebanyakan penelitian tersebut gagal.


“Jika berhasil, ini akan jadi penelitian pertama yang membuktikan radang sendi bisa dicegah dengan makanan,” tutur Profesor Alan Silman dari Arthritis Research UK yang mendanai penelitian Dr Davidson.


Hasil penelitian Dr Davidson pun diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatism



Rajin makan brokoli bisa redakan nyeri sendi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More