Apakah Pilgub Jatim kali ini akan kembali berakhir di MK?

apakah pilgub jatim kali ini akan kembali berakhir di mk

Apakah Pilgub Jatim kali ini akan kembali berakhir di MK?


KabarDunia.com – Pilgub | Hitung cepat versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) kemarin menyatakan kemenangan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) menang dengan 47,91 persen. Diikuti pasangan Khofifah-Herman (BerKah) dengan 37,76 persen.


Demikian juga, hasil hitung cepat LSI itu juga tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan sejumlah lembaga survei, seperti Indonesia Research Center (IRC), Saiful Mujani Research adn Consulting (SMRC) dan Indo Barometer. Semua lembaga menyatakan urutan kemenangan yang sama.


Namun, dengan kekalahan versi quick count tersebut tidak membuat Khofifah patah semangat. Karena, berdasarkan hitungan real count yang dilakukan oleh internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Khofifah menang dengan jumlah suara 44,08 persen. Sementara di urutan kedua Karsa dengan 38,44 persen.


Khofifah malah mengatakan, saat Pilgub 2008 lalu, semua lembaga survei memenangkan dirinya yang saat itu berpasangan dengan Mujiono. Sementara, hasil akhir perhitungan yang dilakukan oleh KPU, Khofifah kalah tipis dengan KarSa.


Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Provinsi Jatim menyatakan, Kaji (KhofifahMudjiono) memperoleh 7.669.721 suara atau 49,80 persen, sementara Karsa meraih 7.729.944 suara atau 50,20 persen. Dengan demikian, KarSa mengungguli KaJi dengan selisih tipis 60.223 suara atau 0,40 persen. KPU Jatim menyatakan, 506.343 suara sebagai tidak sah.


Namun, Tim Pemenangan Kaji menolak menandatangani berita acara rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Jatim putaran II itu karena merasa dicurangi. Dan menggugat hasil penghitungan putaran kedua itu ke Mahkamah Konstitusi (MK).


Hasilnya, MK mengabulkan sebagian gugatan yang dilakukan Khofifah dan menyatakan bahwa harus dilakukan penghitungan surat suara ulang di tiga daerah Pulau Madura, yaitu Sampang, Bangkalan, dan Pamekasan.


Pertanyaannya adalah, apakah Khofifah kembali akan mengajukan gugatan ke MK, mengingat hasil sementara real count di PKB menyatakan Berkah menang melawan KarSa?


Belum ada jawaban langsung dari kubu Khofifah. Saat ini timnya masih fokus mengawal hasil penghitungan dari KPU, dengan meminta kepada semua tim BerKah untuk memantau dari kelurahan hingga ke pusat. Bahkan kalau perlu tim BerKah diminta untuk tidur di kantor kepala desa atau kelurahan.



Apakah Pilgub Jatim kali ini akan kembali berakhir di MK?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More