4 Perawatan medis untuk obati kanker otak

4 perawatan medis untuk obati kanker otak kanker otak

4 Perawatan medis untuk obati kanker otak


KabarDunia.com – Info Kanker | Meski menakutkan, bukan berarti kanker tumor tak bisa disembuhkan. Pasien yang mengalami kanker tumor bisa mendapatkan berbagai bentuk perawatan untuk menyembuhkan kanker yang dideritanya. Saat ini ada beberapa jenis perawatan yang bisa didapatkan oleh pasien kanker otak. meski begitu, perawatan bagi masing-masing pasien bisa berbeda-beda bergantung pada usia dan keadaan kanker yang dideritanya.


Berikut adalah beberapa perawatan yang bisa ditawarkan oleh dunia medis yang ada saat ini pada pasien kanker tumor, seperti dilansir oleh WebMD.


1. Operasi kanker otak

Kebanyakan orang yang mengalami kanker otak akan melakukan operasi untuk mengangkat sel kanker. Tujuan operasi adalah untuk mengangkat tumor dari otak. Jika tumor tak bisa diangkat, operasi dilakukan untuk mengambil sampel tumor. Sampel ini digunakan untuk mengetahui jenis tumor otak dan bagaimana cara mengatasinya.


Pada pasien yang memiliki tumor jinak, biasanya bisa langsung diatasi dengan operasi saja. Saat ini juga telah terdapat teknik operasi ‘tanpa pisau’ bernama ‘stereotactic radiosurgery’ yang bisa menghancurkan sel tumor pada otak tanpa membuka tengkorak pasien.


2. Terapi radiasi

Terapi radiasi atau disebut juga radioterapi adalah penggunaan sinar dengan energi tinggi untuk menghancurkan sel tumor. Ini dilakukan untuk menghentikan sel tumor terus berkembang atau menjalar ke organ lainnya. Terapi radiasi ini biasanya digunakan pada pasien kanker yang tak bisa menjalani operasi.


Terapi ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara eksternal dan internal. Secara eksternal, bagian tubuh yang terkena tumor akan disinari. SInar dengan energi tinggi ini akan melewati kulit, tulang, jaringan, dan menghancurkan tumor. Sementara secara internal, pasien menggunakan kapsul radioaktif yang diletakkan di dalam tumor tersebut. Lama-kelamaan kapsul ini akan berkurang untuk menghancurkan tumor dari dalam.


3. Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat yang keras untuk membunuh sel tumor otak. Obat yang digunakan bisa jadi hanya satu macam atau terdiri atas berbagai variasi obat. Beberapa obat bisa diminum atau disuntikkan pada pasien. Meski begitu, kemoterapi biasanya bisa menyulitkan pasien karena efek samping yang ditimbulkannya. Beberapa efek samping bisa berupa rasa mual, pusing, rambut rontok, nafsu makan berkurang, dan lainnya.


4. Perawatan terbaru

Saat ini bidang medis tengah mengembangkan beberapa perawatan terbaru untuk kanker otak, di antaranya adalah hyperthermia atau immunotherapy. Hypherthermia dilakukan dengan perawatan menggunakan panas. Sementara immunotherapy digunakan untuk membuat sel kekebalan tubuh agar menyerang dan menghancurkan sel kanker tipe tertentu. Beberapa perawatan ini digunakan untuk menghancurkan sel kanker, mengurangi peradangan, atau mengurangi pembengkakan otak.


Dari beberapa tipe perawatan di atas, yang paling sering dilakukan adalah operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Meski begitu perlu digaris bawahi bahwa perawatan kanker otak bisa berbeda-beda bagi satu pasien kanker dan yang lainnya.



4 Perawatan medis untuk obati kanker otak

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More