Obesitas bisa dideteksi sejak bayi?

obesitas bisa dideteksi sejak bayi

Obesitas bisa dideteksi sejak bayi?


KabarDunia.com – Tips Diet | Obesitas merupakan kondisi kelebihan berat badan yang sudah sering disebutkan mampu menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain ditentukan oleh gen, ternyata obesitas juga disebabkan oleh beberapa faktor lain. Bahkan, obesitas pun dilaporkan bisa dideteksi sejak bayi.


Melalui sebuah penelitian, para ahli dari Imperial College London menganalisis data kesehatan 4.000 bayi baru lahir di Finlandia. Keterangan tentang berat badan dan BMI (body mass index) orang tua pada bayi pun diperiksa.


Setelah mengikuti perkembangan bayi hingga usia 7 dan 16 tahun dan mengamati perubahan berat badannya, peneliti membuat prediksi tentang risiko obesitas. Prediksi tersebut juga berdasar pada kebiasaan keluarga.


“Kami percaya kalau kebiasaan buruk keluarga, seperti makan sembarangan dan malas berolahraga, ikut meningkatkan risiko obesitas,” tegas kepala peneliti Philippe Forguel, seperti yang dikutip dari NBC News.


Itulah sebabnya ada beberapa penelitian yang menemukan kalau orang tua kurus atau ibu yang bekerja juga punya risiko memiliki anak yang obesitas. Kedua faktor tersebut berkaitan dengan gaya hidup yang dijalani keluarga. Misalnya ibu yang bekerja menjadi kekurangan waktu untuk menyiapkan makanan yang sehat bagi anak.


Kabar baiknya, risiko obesitas tersebut sebenarnya bisa dikontrol. Meskipun demikian, faktor gen dari ayah yang gemuk cukup menjadi masalah. Pasalnya sebanyak 72 persen pria menderita obesitas dan sampai sekarang belum ditemukan sebabnya, demikian tutur peneliti.


Jika Anda juga baru saja memiliki buah hati, sebaiknya jaga gaya hidup sehat sehari-hari. Sebab kesalahan gaya hidup bisa memicu obesitas pada anak dan anggota keluarga yang lain.



Obesitas bisa dideteksi sejak bayi?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More