Tidak ada yang namanya berat badan ideal

tidak ada yang namanya berat badan ideal

Tidak ada yang namanya berat badan ideal


KabarDunia.com – Tips Diet | Selama ini, BMI atau indeks massa tubuh selalu dianggap sebagai metode mengukur berat badan yang ideal. Namun penelitian terbaru justru mengklaim hal sebaliknya.


Indeks massa tubuh adalah standar untuk menentukan siapa yang punya berat badan normal, berlebihan sampai obesitas. Tetapi untuk mengukur lemak dan menentukan penyebab kondisi kesehatan yang buruk, indeks massa tubuh tidak bisa digunakan, demikian tulis peneliti dalam jurnal Science.


Obesitas sendiri merupakan faktor risiko penyakit jantung, diabetes, dan kematian.


“Banyak penelitian bergantung pada indeks massa tubuh, padahal metode tersebut tidak terlalu akurat,” ungkap Dr Rexford Ahima dari University of Pennsylvania.


Sebagaimana dilansir dari Live Science, ada tiga kategori dari indeks massa tubuh. Pertama, indeks massa tubuh pada angka 18,5-24,9 tergolong normal, kemudian 25-29.9 adalah kelebihan berat badan, dan terakhir di atas angka 30 berarti obesitas.


Memiliki indeks massa tubuh di atas 30 memang meningkatkan risiko kematian akibat berbagai jenis penyakit. Namun penelitian juga menyebutkan kalau dalam beberapa kasus, indeks massa tubuh mampu melindungi seseorang dari penyakit kronis tertentu.


Seperti yang sudah disebutkan, indeks massa tubuh tidak mampu mengukur kadar lemak. Sebab di dalam tubuh, lemak bisa berada di mana saja dan tidak semuanya bersifat buruk.


Namun meski tidak akurat, kenapa indeks massa tubuh masih dijadikan standar mengukur berat badan ideal?


Menurut Dr Ahima, hal itu dikarenakan indeks massa tubuh adalah cara yang paling mudah dan murah. Selain itu, pada dasarnya tidak ada angka khusus yang mampu mewakili seperti apa berat badan yang menyehatkan.


“Berat badan yang ideal dan menyehatkan itu tidak ada. Semua bergantung pada gen, jenis kelamin, dan faktor penting lainnya,” tandas Dr Ahima.



Tidak ada yang namanya berat badan ideal

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More