Survey Shell: Orang Indonesia minta polusi udara dikurangi

survey shell orang indonesia minta polusi udara dikurangi 20130605151022

Eksploitasi energi alam berlebihan mendorong masyarakat Indonesia lebih peduli terhadap kebutuhan energi di masa depan. Hal ini setidaknya tergambar dari survey yang disponsori oleh Shell Indonesia.


Hasil survey tersebut survey menunjukkan bahwa 4 dari 5 orang responden Indonesia sangat peduli akan kebutuhan energi di masa yang akan datang, seperti halnya kepedulian atas layanan kesehatan (89%), sistem pendidikan (89%), dan lapangan pekerjaan (85%). Hampir seluruh responden (98%) mengatakan bahwa emisi karbondioksida (CO2) perlu diturunkan.


Survey ini juga mengkaji pandangan orang Indonesia atas masa depan energi. Survey tatap muka diadakan pada bulan Maret sementara survey online diadakan pada minggu Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2013.


Menurut PBB dan Shell Scenarios, diperkirakan bahwa di tahun 2030 dunia akan memerlukan 40 -50% lebih banyak energi, air, dan makanan untuk memenuhi kebutuhan yang terus bertumbuh seiring dengan meningkatnya populasi. Ini dapat menghimpit sumber daya vital, karena energi digunakan untuk memindahkan dan mengolah air.


Dan air diperlukan untuk memroduksi energi, sementara energi maupun air diperlukan untuk menghasilkan makanan. Semua tekanan ini menggarisbawahi hubungan kompleks dan survey ini menunjukkan bahwa banyak orang Indonesia yang telah mengetahui saling tergantungnya makanan-air-energi ini.


polusi di jakartapnh


Setidaknya 8 dari10 orang Indonesia yang disurvey menganggap tingginya harga energi, makanan, air, dan juga kelangkaan energi juga pengangguran sebagai hal-hal yang paling berdampak pada masa depan Indonesia.


“Seiring dengan perkembangan perekonomian Indonesia, energi akan dibutuhkan untuk memungkinkan pertumbuhan tersebut,” kata Darwin Silalahi, Presiden Direktur Shell Indonesia. “Dalam mengembangkan sumber daya energi kita harus menjaga keseimbangan antara stabilitas energi dan juga keberlanjutan. Pandangan jauh ke depan sangat penting agar persiapan kita dapat mempersiapkan masa depan energi kolektif kita,” tambahnya.


Survey ini juga menunjukkan bahwa responden Indonesia lebih memilih berbagai sumber daya energi untuk memenuhi kebutuhan energi di masa yang akan datang. Energi surya merupakan sumber energi masa depan yang paling banyak dipilih (46%), bersaing erat dengan gas alam (43%), sebuah bahan bakar fosil dengan pembakaran lebih bersih dan merupakan sekutu dari energi terbarukan.


polusi udara blog4n2


Ketika ditanya siapa yang bertanggungjawab untuk menemukan solusi energi, 1 dari 2 responden Indonesia mengatakan bahwa kolaborasi adalah yang terpenting, dimana pemerintah (69%) dianggap memainkan peran terbesar, diikuti oleh publik (65%). Para responden online juga menganggap pemerintah memainkan peran terpenting (42%), diikuti oleh sektor industri (39%).


“Sangat penting bagi kita untuk membangun kemitraan yang akan membantu memenuhi kebutuhan energi dunia yang terus meningkat serta menjaga lingkungan hidup bagi generasi yang akan datang. Industri, pemerintah, mapun masyarakat – bersama, kita dapat menciptakan masa depan energi yang lebih baik yang menggunakan bahan bakar yang lebih bersih serta meningkatkan efisiensi,” tandas Darwin.



Survey Shell: Orang Indonesia minta polusi udara dikurangi

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More