Dibanding pria, wanita lebih mudah mengingat wajah

dibanding pria wanita lebih mudah mengingat wajah

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa wanita lebih mudah mengingat wajah baru yang ditemuinya dibandingkan pria. Meski penelitian sebelumnya juga telah menemukan hal ini, namun penelitian baru ini menunjukkan alasannya.


Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science ini menemukan bahwa ketika pertama kali bertemu dengan seseorang, wanita cenderung mempelajari bentuk wajah tersebut. Wanita memperhatikan bentuk mata, hidung, bibir, atau hal-hal lain yang ada di wajah orang yang baru ditemuinya. Uniknya, wanita seringkali tak sadar tengah mengamati wajah orang yang dilihatnya.


Informasi yang didapatkan oleh pengamatan tersebut kemudian disimpan dengan rapi dalam otak untuk kemudian bisa ditarik kembali ketika kita bertemu orang tersebut di lain hari.


Hasil ini ditemukan oleh peneliti di McMAster University di Ontario, Kanada dengan teknologi eye-tracking. Caranya, peneliti memasangkan helm dengan dua kamera kecil yang memantau ke mana arah mata seseorang bergerak.


Dalam sebuah eksperimen, partisipan diminta memasang alat ini, kemudian mereka ‘dikenalkan’ dengan 120 wajah, termasuk nama mereka, dalam waktu empat hari. Setiap hari mereka melihat tiga set berisi 10 foto wajah. Di hari kemudian mereka diminta untuk mengenali apakah mereka pernah melihat wajah itu sebelumnya. Jika iya, mereka diminta menyebutkan namanya.


Hasilnya menunjukkan bahwa wanita memiliki ingatan yang lebih baik ketika mengenali wajah yang pernah mereka lihat sekaligus nama mereka. Alat eye-tracking menunjukkan bahwa wanita menghabiskan lebih banyak waktu memperhatikan setiap detail wajah yang mereka lihat dibanding pria. Sehingga mereka lebih mudah mengenali dan mengingat setiap wajah yang pernah mereka lihat. Meski begitu peneliti menjelaskan bahwa perbedaan antara pria dan wanita sebenarnya tak terlalu jauh.


“Misalkan saja pria dan wanita dikenalkan pada 10 orang, maka wanita bisa mengingat tujuh wajah sementara pria hanya lima wajah,” ungkap Jennifer Heisz, penulis penelitian, seperti dilansir oleh MSNBC (06/06).


Sayangnya penelitian ini tak mengungkap mengapa wanita cenderung memperhatikan setiap detail wajah, sementara pria tidak terlalu memperhatikan detail. Jika Anda ingin lebih mudah mengingat wajah seseorang, mulailah untuk memperhatikan detail wajah mereka ketika pertama bertemu.



Dibanding pria, wanita lebih mudah mengingat wajah

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More