Dahlan: Urusan swasta dicampuri pemerintah jadi ruwet

dahlan urusan swasta dicampuri pemerintah jadi ruwet

Hari ini, Kamis (6/6), Menteri BUMN Dahlan Iskan menghadiri peresmian rumah sakit apung terkecil di dunia hasil ide Doctor Share. Pimpinan RS Doctor Share yaitu dr. Lie Dharmawan mengatakan ini adalah rumah sakit apung pertama milik swasta.


Dahlan mengatakan, acara peresmian dengan mengundang dirinya tidak berkaitan dengan pemerintahan. Lie Dharmawan hanya mengundang Dahlan untuk meresmikan dan tidak ada tujuan untuk meminta dana. Menurut Dahlan, proyek swasta seperti ini jadi ruwet jika dicampuri pemerintah.


“Banyak inisiatif swasta dan perorangan belum tentu ingin campur tangan pemerintah, kadang campur tangan pemerintah mengganggu. Banyak orang yang ingin independence dan tidak ingin dibantu pemerintah, karena akan ruwet,” ucap Dahlan dalam peresmian di Pantai Mutiara, Jakarta.


Dalam pandangan Dahlan, Lie adalah adalah orang yang mempunyai ide yang sangat kreatif. Lie juga dokter yang berjuang tahun 1998 ketika terjadi kerusuhan. Ide membuat rumah sakit di atas kapal cukup gila. Terlebih jika harus melakukan operasi di atas kapal yang terombang ambing di lautan. Namun ide ini tetap masuk akal di mata Lie.


“Kita tidak melihat besar kecilnya. Ada ruang operasinya dua. Peralatan sangat lengkap. Saya bangga sekali, walau dari kayu di daerah terpencil sudah paling mewah ini,” ucap Dahlan.


Lie yang hadir di peresmian mengatakan, pembuatan RS apung terkecil di dunia ini menelan biaya Rp 4 miliar. Dana yang digunakan adalah dana pribadi dan urunan kolektif dari beberapa orang anggota organisasi Doctor Share. Lie menegaskan, ide ini sangat masuk akal dan tidak menyulitkan.


“Rp 4 miliar lebih dan tidak semua dari saya. Banyak orang urunan, impian kolektif kita bersama. Meringankan beban teman kita di daerah terpencil. Orang bilang saya gila operasi ditengah ombak, tapi Thomas Alfa Edison yang menemukan lampu pijar dulu juga dibilang gila. Tentu melakukan operasi di atas kapal dengan ombak menyebabkan goncang lebih sulit. Tapi itu bukan hal yang tidak mungkin. Saya sudah operasi besar di kapal,” tutupnya.



Dahlan: Urusan swasta dicampuri pemerintah jadi ruwet

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More