Singapura dan Malaysia negara paling damai di Asia Tenggara

singapura dan malaysia negara paling damai di asia tenggara

Singapura dan Malaysia negara paling damai di Asia Tenggara


Indeks Perdamaian Global tahun ini menempatkan Singapura bersama Malaysia sebagai negara paling aman di Asia Tenggara. Kedua negara ini jauh mengungguli Indonesia.


Menurut daftar dikeluarkan Selasa (11/6), Singapura menempati posisi ke-16, disusul Malaysia (29), Laos (39), Vietnam (41), Timor Leste (51), Indonesia (54), Kamboja (115), Filipina (129), Thailand (130), dan Myanmar (140), seperti dilansir situs visionofhumanity.org.


Meski begitu, Singapura dan Malaysia dikenal sangat membatasi kebebasan rakyat mereka buat berpendapat atau berorganisasi. Kedua negara ini juga dikenal semiotoriter. Alhasil, sentimen antar etnis di Malaysia terus terpelihara sejak negara ini merdeka pada 1957 berhasil diredam dengan kekerasan oleh aparat pemerintah.


“Thailand, Filipina, dan Myanmar menghadapi konflik internal,” tulis laporan tahunan itu. Padahal tahun lalu situsi di ketiga negara itu sempat membaik.


Indonesia dikenal dengan konflik sektarian menyebabkan kaum minoritas menjadi korban, seperti Syiah, Ahmadiyah, dan Nasrani. Belum lagi penembakan misterius di Papua.



Singapura dan Malaysia negara paling damai di Asia Tenggara

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More