M Nuh: Situs Gunung Padang menakjubkan dan luar biasa

m nuh situs gunung padang menakjubkan dan luar biasa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh kagum dengan keindahan Gunung Padang di Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat. Nuh mengaku baru pertama kali menginjakkan kaki di situ tertua tersebut.


“Saya ke sini untuk memastikan apa yang disajikan dalam presentasi sama atau tidak. Langkah ini merupakan tindaklanjut dari perintah SBY sekaligus untuk menyelesaikan penelitian yang sempat terhenti karena pro dan kontra tentang eskavasi secara besar-besaran,” kata Nuh, Kamis (6/6).


Untuk melestarikan situs tersebut, pihaknya akan melakukan dan mempersiapkan beberapa tahapan, seperti penyelamatan situs, menyiapkan sumber daya manusia dan anggaran yang diperlukan serta mendukung penuh tim Terpadu Penelitian Mandiri Situs Gunung Padang. Dia berharap, hasil dari penelitian Gunung Padang yang akan dikupas secara ilmiah, dapat memberikan pengetahuan pada masyarakat Indonesia.


“Situs ini sangat menakjubkan dan luar biasa. Rakyat Indonesia bisa tahu peradaban bangsanya, di mana situs ini nantinya sebagai tempat pembelajaran,” ujarnya.


Sedangkan untuk mendukung rencana tersebut, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di pemerintahan pusat, seperti dengan Badan Pertanahan Nasional untuk mengurus persoalan pembebasan tanah. Selain itu, pihak Kementerian Pekerjaan Umum terkait dengan infrastruktur serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia terkait dengan kepariwisataan.


“Banyak yang perlu dilibatkan dalam hal ini. Semuanya harus ditata rapi agar situs tetap terjaga dan terpelihara dengan baik. Selain memiliki potensi edukasi, di sekelilingnya bisa dimanfaatkan sebagai daerah wisata,” ucapnya.


Sementara itu, Ketua tim arkeologi Tim Terpadu Penelitian Mandiri Situs Gunung Padang, Ali Akbar, mengakui, penelitian yang akan dilakukan Tim Terpadu Penelitian Mandiri Situs Gunung Padang pada awal bulan Juni, sempat terhenti kembali. Setelah mendapat dukungan penuh dari Kemendikbud, pihaknya akan melakukan rapat untuk membahas lebih jauh tentang teknis penelitian.


Sedangkan pengupasan dan ekskavasi akan dilakukan dalam penelitian lanjutkan yang rencananya akan dimulai kembali Sabtu (7/6), dengan target akhir September sebagian besar situs yang tertutup tanah dapat terkupas. “Dalam pelaksanaannya, kami akan melibatkan tenaga ahli dari balai-balai yang berada di bawah Kemendikbud serta melibatkan masyarakat lokal,” ujarnya.



M Nuh: Situs Gunung Padang menakjubkan dan luar biasa

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More