Lakukan meditasi bisa tingkatkan nilai ujian siswa

lakukan meditasi bisa tingkatkan nilai ujian siswa

Lakukan meditasi bisa tingkatkan nilai ujian siswa


Sebuah teknik meditasi yang disebut meditasi trancendental diketahui mampu meningkatkan kekuatan otak dan bahkan mampu meningkatkan hasil ujian siswa, ungkap penelitian terbaru.


Sebuah penelitian yang dilakukan pada siswa SMA menemukan bahwa tingkat kelulusan meningkat hingga 25 persen pada siswa yang melakukan meditasi trancendental selama dua kali sehari, seperti dilansir oleh Daily Mail (12/06)..


Teknik meditasi ini dilakukan dengan menggumamkan suara yang diulangi berkali-kali dengan mata tertutup. Untuk melakukannya, siswa mengucapkan ‘Omm…’ pada saat meditasi sambil menutup mata selama 20 menit, dua kali sehari.


Tak hanya bisa meningkatkan kekuatan otak, teknik meditasi ini juga diketahui bisa menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung, stroke, serta menurunkan stres dan kecemasan. Teknik ini pernah terkenal di era 60-an, setelah anggota The Beatles bepergian ke India dan diajarkan melakukan teknik meditasi ini.


Dalam penelitian yang mengamati 235 siswa di sekolah perkotaan Amerika Serikat menunjukkan peningkatan angka kelulusan hingga 15 persen pada anak-anak yang melakukan teknik meditasi trancendental secara teratur. Tak hanya itu, siswa yang melakukan meditasi juga berisiko lebih kecil dikeluarkan dari sekolah atau masuk penjara.


Professor Robert Colbert dari University of Connecticut menjelaskan bahwa meningkatkan hasil kelulusan dan pendidikan anak bisa berdampak besar pada masyarakat. Pendidikan yang baik akan membangun prospek yang baik pada kehidupan siswa tersebut, sampai mereka dewasa nantinya.



Lakukan meditasi bisa tingkatkan nilai ujian siswa

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More