Duduk di dekat jendela bikin karyawan lebih gembira?

duduk di dekat jendela bikin karyawan lebih gembira

Paparan sinar terang mampu memperbaiki suasana hati, meregulasi jadwal tidur, sampai meningkatkan produktivitas. Itulah alasan kenapa karyawan yang duduk di dekat jendela cenderung lebih gembira, demikian menurut penelitian terbaru.


Dengan duduk di dekat jendela, karyawan mendapat paparan sinar matahari yang cukup. Kewaspadaan karyawan tersebut pun meningkat dibandingkan dengan mereka yang duduk di tengah ruangan dengan lampu.


Sementara karyawan yang punya masalah gangguan tidur, berjalan di bawah sinar matahari pagi selama 30 menit dianggap mampu mengatasi gangguan tersebut.


“Cahaya bukan cuma penting bagi kesehatan mata, tetapi juga sebagai pendeteksi jam tubuh manusia yang memengaruhi berbagai aspek kesehatan,” terang peneliti Dr Russell Foster dari Oxford University.


Dr Foster kemudian menjelaskan, cahaya matahari mengandung 100 ribu lux (satuan cahaya), sementara lampu hanya 300 lux. Padahal untuk tubuh setidaknya membutuhkan 1.000 lux agar mendapatkan manfaat cahaya secara maksimal.


Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, kasus serupa sebenarnya dialami oleh para lansia. Sebab mereka yang jarang mendapatkan paparan cahaya matahari lebih rentan mengalami gangguan kesehatan.


“Tidak perlu seharian penuh di luar ruangan. Mungkin setiap hari selama 30 menit saja di pagi hari menikmati cahaya matahari,” saran Dr Foster.


Maka dari itu, keuntungan tersebut pun bisa dirasakan karyawan yang tempat duduknya berada di dekat jendela. Semakin baik sumber cahaya yang didapat, semakin baik kualitas tidur dan performa mereka di tempat kerja.



Duduk di dekat jendela bikin karyawan lebih gembira?

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More