Amerika bakal tuntut pembocor penyadapan

amerika bakal tuntut pembocor penyadapan

Amerika bakal tuntut pembocor penyadapan


Biro Penyelidik Federal (FBI) mengatakan pemerintah Amerika Serikat telah meluncurkan sebuah penyelidikan kriminal dan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mengadili Edward Snowden lantaran telah membongkar rahasia program pengawasan Negeri Adidaya itu.


“Sebagai individu yang mengaku telah membuat pengungkapan ini, maka dia adalah subyek dari penyelidikan kriminal,” kata Direktur FBI, Robert Mueller, kepada Komite Kehakiman Dewan Perwakilan Amerika Serikat, seperti dilansir stasiun televisi Aljazeera, Jumat (14/6).


“Pengungkapan ini telah menyebabkan kerugian yang signifikan untuk bangsa dan keselamatan kita. Kita harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk menahan orang yang bertanggung jawab atas pengungkapan ini,” ujar dia.


Pernyataan dari pemimpin FBI itu seakan memperlihatkan bahwa pemerintah Amerika sedang mengejar lelaki 29 tahun itu. Snowden, yang mengakui telah membocorkan informasi tentang program pengawasan sangat rahasia Amerika, diketahui sebagai pakar di bidang teknologi informasi.


Snowden, yang bekerja sebagai sub-kontraktor menangani jaringan komputer untuk Badan Keamanan Nasional (NSA), kini berada di Hong Kong.


Dia bersumpah akan menentang setiap upaya Amerika ingin mengekstradisi dia. Snowden mengatakan dirinya juga berencana meminta suaka.


Snowden menjelaskan telah mengungkap rahasia itu kepada surat kabar asal Inggris the Guardian dan koran asal Amerika Serikat the Washington Post sebab dirinya percaya program pengawasan itu ilegal dan mengganggu banyak orang.



Amerika bakal tuntut pembocor penyadapan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More