Tangkal efek buruk junk food dengan minyak ikan

tangkal efek buruk junk food dengan minyak ikan 300x150

Tangkal efek buruk junk food dengan minyak ikan


Minyak ikan diketahui bisa menangkal efek negatif dari junk food pada otak. Makanan yang berlemak dan mengandung terlalu banyak gula bisa menurunkan kemampuan otak untuk mengontrol konsumsi makanan. Hasilnya, seseorang akan menjadi kecanduan junk food.


Namun tampaknya asam lemak omega-3 dalam minyak ikan bisa menghilangkan efek buruk junk food ini. Hal tersebut ditemukan peneliti setelah mengamati 185 penelitian terkait minyak ikan dan efek negatif junk food pada otak.


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan berlemak dan junk food bisa mengganggu proses bekerja otak. Namun makanan yang kaya omega-3 diketahui bisa menangkal efek negatif ini dengan merangsang area otak yang berhubungan dengan kontrol nafsu makan, belajar, dan ingatan.


Peneliti dari University of Liverpool mengamati penelitian dari seluruh dunia untuk melihat adanya bukti bahwa omega-3 memiliki manfaat dalam membantu menurunkan berat badan, seperti dilansir oleh NY Daily News (15/05).


“Berat badan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, yang terpenting adalah nutrisi yang kita konsumsi. Mengonsumsi makanan berlemak, makanan yang mengandung gula buatan atau lemak jenuh bisa menyebabkan peningkatan berat badan, mengganggu metabolisme, dan mempengaruhi proses kerja otak,” ungkap Dr Lucy Pickavance dari University’s Institute of Ageing and Chronic Disease.


Pickavance menjelaskan bahwa perubahan ini bisa terlihat dari struktur otak, termasuk kemampuannya untuk meregenerasi sel saraf. Meski minyak ikan tampaknya tak memiliki efek langsung pada berat badan, namun minyak ikan membantu kinerja otak tetap baik dalam mengontrol makanan yang dikonsumsi oleh seseorang.


 



Tangkal efek buruk junk food dengan minyak ikan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More