All-New Grand Livina suguhkan 'gear ratio' yang sangat lebar

all new grand livina suguhkan gear ratio yang sangat lebar 300x150

All-New Grand Livina suguhkan ‘gear ratio’ yang sangat lebar


All-New Grand Livina dengan mesin dan transmisi baru CVT. Penggunaan transmisi ini merupakan semacam upgrade dari model sebelumnya yang mengandalkan 4AT. Dengan transmisi baru, ‘gear ratio’ atau rasio gigi dalam perpindahan kecepatan MPV ini menjadi lebih lebar sehingga mantap di putaran rendah ataupun tinggi.


“Untuk automatic transmition, yang sebelumnya memakai 4AT, digantikan dengan CVT. Ini adalah CVT yang boleh dibilang saat ini yang terbaik yang ada di pasar. Gear ratio-nya sangat lebar sehingga bisa mendapatkan tenaga yang baik di low maupun high RPM atau di high speed,” papar Teddy Irawan, Vice President Sales dan Marketing PT Nissan Motor Indonesia.


CVT sendiri dianggap lebih unggul dibanding model transmisi matik lama yang mengandalkan planetary gear (gigi planet). Dengan susunan bak planet mengorbit matahari, gigi-gigi itu berputar-berhenti-menahan gerak satu sama lain agar mendapatkan tahap gigi satu, dua, tiga, dan mundur atau lebih simpel lagi.


Cara kerja ini tidak sepresisi CVT yang rasionya cukup lebar karena menggunakan dua “payung” pulley depan-belakang yang berputar dan akan menguncup satu sama lain, dan terhubung dengan belt. Selain lebih nyaman, hal ini pun memberi pengaruh pada efisiensi bahan bakar.


All-New Nissan Grand Livina ditawarkan dalam beberapa tipe, yakni 1.5 SV M/T dengan harga Rp 179 juta, 1.5 SV CVT Rp 189 juta, 1.5 XV M/T Rp 199 juta, 1.5 XV CVT Rp 209 juta, dan 1.5 Highway Star CVT dengan harga Rp 221 juta.


Grand Livina juga meluncurkan model X-Gear yang juga ditawarkan dalam beberapa tipe, antara lain 1.5 X-Gear M/T dengan harga Rp 212 juta, 1.5 X-Gear CVT Rp 224 juta, 1.8 X-Gear M/T Rp 250 juta dan 1.8 X-Gear A/T dengan harga Rp 260 juta.


 



All-New Grand Livina suguhkan 'gear ratio' yang sangat lebar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More