Pentingnya kalsium untuk kesehatan wanita

pentingnya kalsium untuk kesehatan wanita

Pentingnya kalsium untuk kesehatan wanita


KabarDunia.com – Sehat | Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang mengerikan. Pada wanita, jumlah kalsium yang dibutuhkan lebih tinggi daripada pria. Mengapa bisa demikian? Simak alasan wanita membutuhkan kalsium lebih banyak, dilansir magforwomen.


1. Melawan osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang sering dialami perempuan terutama di usia lanjut karena kekurangan kalsium. Penyakit ini diakibatkan kepadatan mineral sehingga mempengaruhi struktural tulang. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium agar tulang tidak mudah keropos.


2. Untuk tulang kuat

Tulang memerlukan makanan berupa kalsium (Ca), yang merupakan mineral penting untuk menyusun struktur tulang. Kekurangan kalsium akan membuat tulang Anda keropos dan lemah terutama saat senja.


3. Selama kehamilan

Saat hamil Anda butuh nutrisi dua kali lipat untuk janin Anda. Bayi dalam rahim membutuhkan kalsium untuk memiliki jantung sehat dan detak jantung teratur.


4. Meningkatkan estrogen

Kalsium menjadi sangat penting untuk menjaga tingkat estrogen dalam tubuh wanita.


5. Baik untuk atlet wanita

Banyak atlet wanita yang melakukan diet dan sesi latihan. Karena itu berisiko kekurangan kalsium. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gangguan makan, osteoporosis, ketidakteraturan menstruasi.


Sertakan makanan yang mengandung banyak kalsium seperti susu, keju, yogurt dalam menu harian Anda.



Pentingnya kalsium untuk kesehatan wanita

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More