3 Alasan untuk mencoba karir di luar bidang minat

3 alasan untuk mencoba karir di luar bidang minat

3 Alasan untuk mencoba karir di luar bidang minat


KabarDunia.com – Karir | Ketika lulus kuliah, seseorang pasti berharap mereka bisa segera bekerja di bidang yang telah Anda tekuni selama ini. Namun kenyataan di dunia nyata tak semudah itu. Terkadang yang tersedia adalah pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang minat Anda, atau bahkan baru bagi Anda.


Tetapi jangan keburu ditolak. Pekerjaan di luar bidang minat itu bisa Anda coba karena beberapa alasan. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus mencoba karir di luar bidang yang Anda minati, seperti dilansir oleh Brazen Life (13/01).


1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Ketika wawancara kerja, Anda tentu harus terlihat sangat percaya diri dan antusias dalam mengejar pekerjaan tersebut, meski bukan bidang Anda. Selain itu, Anda harus bisa menunjukkan bagaimana keahlian Anda yang tak sejalan bisa diaplikasikan pada pekerjaan tersebut. Mempelajari bagaimana cara menempatkan diri serta menjual kemampuan Anda pada perusahaan-perusahaan tak hanya membuat Anda mendapatkan pekerjaan, namun juga membantu Anda menjadi semakin percaya diri terhadap kemampuan Anda. Dengan rasa percaya diri, Anda bisa terlihat sangat ‘menjual’ sebagai karyawan, meski bidang minat Anda tak sejalur.


2. Mengembangkan kemampuan umum dalam berkarir

Hal yang bisa Anda pelajari ketika bekerja sungguhan di suatu perusahaan adalah pengalaman yang penting Anda kuasai sebelum mencari pekerjaan lain yang lebih baik atau sesuai dengan bidang minat Anda. Pekerjaan ini akan mengajari Anda untuk berinteraksi atau menghadapi teman kerja, atasan, rapat, serta struktur birokrasi. Anda akan belajar banyak mengenai dunia kerja serta mengenai diri sendiri. Perusahaan apa yang Anda inginkan, teman seperti apa, atau atasan seperti apa yang Anda inginkan, bagaimana cara bernegosiasi untuk promosi, dan lainnya. Kemampuan semacam ini bisa diaplikasikan di mana saja, meski nanti Anda sudah pindah kerja di bidang yang tak sama.


3. Mendapatkan kualifikasi yang unik

Anda memiliki keahlian dan gelar di satu bidang, kemudian memiliki pengalaman di bidang lainnya. Ini merupakan sebuah kelebihan. Nantinya, Anda tak akan jarang melihat lowongan yang mencari misalkan “Koordinator Desain: MeMbutuhkan Graphic Desainer dengan pengalaman sebagai manajemen proyek.” Bagaimana pun, perusahaan pasti membutuhkan skill yang Anda miliki, dan ini Anda dapatkan di sekolah. Memiliki pengalaman lain dari pekerjaan yang tak sesuai, seperti dalam bidang manajemen akan membuat Anda lebih unggul dari kandidat lainnya.


Itulah beberapa alasan mengapa menerima pekerjaan yang bukan bidang minat Anda sebenarnya bisa menguntungkan. Jika saat ini Anda tengah berada pada kari yang bukan minat Anda, jangan berkecil hati. Pelajari banyak ha dari pekerjaan tersebut yang bisa Anda gunakan untuk mendukung skill murni Anda.



3 Alasan untuk mencoba karir di luar bidang minat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More