Resep Bakpao Cokelat Lembut bentuk Karakter Lucu

1x1.trans Resep Bakpao Cokelat Lembut bentuk Karakter Lucu[/caption]


KabarDunia.com – Resep Bakpao Ialah salah satu makanan tradisional khas China/ Tionghoa, Bakpao sendiri ialah kata serapan yang diambil dari bahasa Hokkian, dimana kata bakpao pertama kali orang tionghoa yang mengajarkan dan menyebar luaskan di Indonesia.


Bakpao sendiri ialah secara makna ialah baozi yang didalamnya berisi dengan daging, sedangkan baozi sendiri selain diisi dengan daging, juga bisa diisi dengan berbagai macam bahan lainnya, misalnya ialah daging ayam, daging ikan, sayuran, berbagai macam selai mulai yang manis hingga asin, kacang hijau, coklat dan lainnya, untuk bakpao yang berisi daging di China mereka sering menyebutnya dengan nama kehpao


Untuk bahan kulit bakpao pada hakikatnya ialah adonan tepung terigu biasa yang dikukus hingga mengembang dan matang, kata Pao sendiri alah berarti “bungkusan” sedangkan kata Bak ialah merujuk pada kata daging dalam bahasa Hokkian.


Dan kali ini kami akan berbagi resep bakpao cokelat lembut berkarakter lucu, dimana makanan bakpao berkarakter dengan berbagai macam isi, warna dan bentuk lagi booming di Indonesia saat ini adapun proses pembentukannya ialah sebagai berikut :


Bahan :

Kertas roti potong persegi/bundar


Bahan biang :

250 gr tepung terigu protein sedang

1 sdt ragi instant

100 ml air


Bahan adonan :

150 gr tepung terigu protein sedang

1 sdt baking powder

80 gr gula bubuk

50 ml air

50 gr mentega putih


Bahan isi (pilih sesuai selera):


Manis :

cokelat: meses atau coklat blok yang dipotong halus atau diparut

keju : keju potong dadu atau keju parut

kacang ijo : kacang ijo tanpa kulit kukus hingga matang kemudian blender dengan gula pasir sesuai selera


Asin (ayam):

3 sdm minyak goreng

1 sdt bawang putih yang dihaluskan

250 gr daging ayam giling/cincang

1 sdm daun bawang, iris halus

1 sdt bumbu ngohiong

1 sdm kecap asin encer

1 sdm kecap manis

1 sdt saus tiram

1 sdm gula pasir

1 sdt minyak wijen


Cara membuat :

1. Biang : taruh tepung terigu, ragi dan air dalam mangkuk, uleni ± 10 menit hingga adonan kalis (tidak melekat di tangan). Tutup dengan plastik / serbet lembab selama ± 1 jam hingga adonan mengembang kuranag lebih 2 kali dari aukuran adonan semula. Kemudian Kempiskan kembali adonan dengan cara ditinju hingga anginnya keluar semua.

2. Adonan : campurkan gula, tepung terigu, mentega putih baking powder, serta air ke dalam adonan biang yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian Uleni adonan hingga menjadi kalis (± 5 menit), lalu gulung adonan berbentuk memanjang, dan potong serta  timbang ± 30 gr perbuah. Lalu Biarkan lagi selama 10 menit agar adonan mengembang.

3. Penyelesaian : ambil salah satu bagian adonan yang telah dipotong tadi, lalu pipihkan dan beri isi (sesuai selera), kemudian bentuk bulat atau sesuai karakter yang ingin anda buat misalkan angry bird atau bola, kemudian taruh diatas adonan yang telah dibentuk tadi diatas sepotong kertas roti. Lalu tahap selanjutnya ialah pengukusan adonan bakpao menggunakan api besar kurang lebih selama 20 – 30 menit.


4. Bahan isi :

-ayam : pertama panaskan minyak yang berada dalam wajan dengan api sedang, kemudian masukkan bawang putih dan tumis hingga wangi. lalu masukkan ayam cincang, aduk kembali sampai setengah matang. Kemudian campurkan semua bahan lainnya sambil terus diaduk, jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan, lalu biarkan dingin terlebih dahulu sebelum diisikan kedalam adonan bakpao yang telah dibuat.



Resep Bakpao Cokelat Lembut bentuk Karakter Lucu

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More